Jumat, 29 Juli 2011

Pengerjaan benda kerja pada Mesin Frais

Proses kerja

  1. Pastikan Peralatan yang akan digunakan sudah lengkap dan dalam keadaan baik.
  2. Pasang cutter pda mesin frais untuk langkah pertama yaitu pengurangan ukuran dimana ukuran awal 53mmx40mm akan di lakukan proses pemakanan hingga benda ukuran benda kerja menjadi 50mmx36mm,untuk pemakanan pertama gunakan cutter dengan diameter 16mm.
  3. Pasang benda kerja di ragum dan kunci dengan kuat dan padtikan benda kerja siku dengan landasan.
  4. Lakukan proses pemakanan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan,agar pemakanan atau hasilnya bagus harus diperhatikan kecepatan pemakanannya yaitu berkisar antara 600-700rpm.
  5. Setelah ukuran sudah sesuai dengan yang di tentukan maka langkah selanjutnya ialah pembuatan alur 6mm dengan kedalaman 3mm pada sisi yang ukurannya 50mm yaitu tepatnya 5mm dari sisi bawahnya.langkah yang sama dilakukan pada proses ini yaitu cutter yang digunakan berdiameter 6mm dan kecepatan yang diizinkan berkisar antara 1000-1300 rpm.untuk pembuatan alur ini dilakukan pada kedua sisinya atau dengan kata lain timbal balik.
  6. Langkah selanjutnya ialah pemakanan/pembuatan Alur dengan sudut 90o,dimana pemakanan nya    mm dengan kedalaman pemakanan   mm.karena alur yang di kehendaki sebesar 90o maka kepala atau pencekam cutter harus di rubah ke sudut 90o.untuk cutter yang digunakan ialah cutter dengan diameter   mm.prosese pemakan dilakukan pada sisi benda kerja yang berukuran 50mm.
  7. Tahap akhir dari pekerjaan ini ialah pembuatan alur 4mm dengan kedalaman pemakanan   mm,hal sama juga di lakuakan ialah dimeter cutter yang digunakan ialah 4mm dan pemakanan nya tepat pada sisi bawah pemakanan 90o.
  8. Sebagai catatan selama proses pengerjaan harus selalu di siram dengan pendingin agar cutter tidak tumpul atau bahkan bisa patah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar